Minggu, 29 Mei 2011

Pemerintah Luncurkan Masterplan Pembangunan Ekonomi

27 May 2011 16:09
Presiden Susilo Bambang Yudhoyono mengatakan ada tiga alasan utama mengapa Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI)  2011-2025 di Indonesia diperlukan sekarang ini.
"Ada tiga pertanyaan kunci, pertama mengapa perlu masterplan ? Yang kedua kenapa pembangunan ekonomi mesti dipercepat dan diperluas? Dan terakhir kenapa pemerintah aktif dalam pembangunan," ungkap SBY dalam peluncuran MasterPlan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia 2011-2025 di JCC, Jakarta, Jumat (27/5/2011).

Pertama mengenai perlunya masterplan pembangunan agar pembangunan di Indonesia mempunyau arah dan jalan tempuh yang jelas. "Kita memang memerlukan masterplan, agar arah dan strategi yang kita tempuh jelas. Ingat yang kita bangun ini adalah negara, mustahil tanpa masterplan," ucapnya.

Kedua, Presiden menjelaskan perlunya mempercepat dan memperluas pembangunan di Indonesia adalah semata-mata untuk mengurangi kemiskinan di Indonesia. "Kita mesti mempercepat dan memperluas agar ekonomi nasional kita tumbuh di tanah air, untuk mengurangi kemiskinan dan pengangguran," ujarnya.

Ketiga, SBY mengatakan perlunya peran aktif dan pro aktif pemerintah dalam pembangunan ini adalah sebagai regulator agar pemangunan ini berjalan dengan adil dan berimbang. "Pemerintah harus berperan aktif dan proaktif, semua ini kita lakukan karena pengalaman menunjukkan ekonomi negara tidak boleh kita tidak menyerahkan sepenuhnya kepada kapitalisme pasar. Bagaimanapun peran pasar perlu agar efisien, tetap saja diperlukan peran pemerintah agar berjalan adil dan berimbang," paparnya.

Pada kesempatan yang sama, Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto mengatakan, peluncuran MP3EI pada hari ini telah dinantikan oleh dunia usaha, bukan saja pada lingkup nasional, namun juga pada tataran internasional, dunia usaha di daerah serta usaha menengah dan kecil.

Peluncuran MP3EI, kata dia, merupakan suatu momen terobosan yang sebenarnya sejak lama secara terus menerus dinantikan kelahirannya. Bagi dunia usaha, MP3EI bukan sekedar merupakan perencanaan pembangunan, namun merupakan suatu peluang emas untuk peningkatan investasi, perdagangan dan industri.

"Dunia usaha tidak akan menemukan kesempatan lain di masa depan untuk mengembangkan investasi dan bisnis bila tidak dari sekarang memasuki peluang emas ini," kata Suryo.

Lebih jauh dia mengungkapkan, dunia usaha punya tanggung jawab besar selama 15 tahun mendatang karena investasi besar yang diperlukan oleh MP3EI.

"Kami tidak akan mungkin berhasil dari misi yang kami emban tersebut tanpa dukungan kebijakan pemerintah dan regulasi yang akan meningkatkan daya saing dan daya tarik investasi serta kelancaran usaha," katanya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar