Senin, 04 Juli 2011

Lembaga Keuangan Internasional

LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL
BAB I
PENDAHULUAN
Lembaga Keuangan Internasional adalah lembaga keuangan yang telah ditetapkan oleh lebih dari satu negara, dan merupakan subyek hukum internasional. Pemiliknya atau pemegang saham umumnya pemerintah nasional, meski lain lembaga-lembaga internasional dan organisasi lain kadang-kadang sosok sebagai pemegang saham. Jenis dari Lembaga Keuangan Internasional ada beberapa yaitu Bank Dunia, IMF, IDB, ADB dsb.
Adapun fungsi dan tujuan dari macam – macam lembaga ini juga berbeda satu dengan yang lainnya. Seperti Bank Dunia yang mempunyai fungsi dan tujuan untuk memberikan pinjaman leverage ke negara-negara berkembang untuk program modal.Bank dan memiliki tujuan untuk mengurangi kemiskinan. Bank Dunia mendapatkan dana untuk operasinya terutama melalui’s penjualan IBRD AAA-rated obligasi di pasar keuangan dunia. IBRD pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan pinjaman, dengan memanfaatkan pinjaman sendiri modal disetor, ditambah investasi dari “float”. Sebagai organisasi politik, Bank Dunia harus memenuhi tuntutan dari donor dan pinjaman pemerintah, pasar modal swasta, dan organisasi internasional lainnya. Sebagai organisasi yang berorientasi aksi, itu harus netral, yang mengkhususkan diri dalam bantuan pembangunan, bantuan teknis, dan pinjaman.Sedangkan untuk Dana Moneter Internasional (IMF) adalah sebuah organisasi internasional yang mengawasi sistem keuangan global dengan mengikuti kebijakan makroekonomi dari negara-negara anggota, terutama mereka yang memiliki dampak terhadap nilai tukar dan neraca pembayaran.Dan mempunyai tujuan untuk menstabilkan nilai tukar dan membantu pembangunan kembali di dunia sistem pembayaran internasional.Dan Bank Pembangunan Asia (ADB) adalah bank pembangunan daerah yang didirikan pada tahun 1966 untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara Asia dan Pasifik melalui pinjaman dan bantuan teknis. Visi ADB merupakan wilayah yang bebas dari kemiskinan. Misinya adalah untuk membantu negara-negara anggota berkembang mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas kehidupan warganya. Jenis lembaga keuangan yang lain adalah Bank Pembangunan Islam yaitu lembaga keuangan internasional yang didirikan tahun mengikut Intent Pernyataan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Konferensi Negara-negara Muslim yang diselenggarakan di Jeddah pada Q’adah Dzul 1393H, sesuai dengan Desember 1973. Dan tujuannya adalah untuk mendorong pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial negara-negara anggota dan masyarakat muslim baik secara perorangan maupun bersama-sama sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yaitu, Hukum Islam.
BAB II
ISI
Lembaga Keuangan Internasional
Lembaga keuangan internasional, atau IFI, mengacu pada lembaga keuangan yang telah ditetapkan (atau disewa) oleh lebih dari satu negara, dan karenanya merupakan subyek hukum internasional. Pemiliknya atau pemegang saham umumnya pemerintah nasional, meski lain lembaga-lembaga internasional dan organisasi lain kadang-kadang sosok sebagai pemegang saham. IFI yang paling menonjol adalah ciptaan dari beberapa negara, meskipun beberapa lembaga keuangan bilateral (dibentuk oleh dua negara) ada dan secara teknis IFI. Banyak di antaranya bank pembangunan multilateral. Yang paling terkenal adalah IFI Bank Dunia, maka IMF, dan bank pembangunan regional.

Jenis IFI:

Bretton Woods lembaga

Yang paling terkenal IFI didirikan setelah Perang Dunia II untuk membantu dalam rekonstruksi Eropa dan menyediakan mekanisme untuk kerjasama internasional dalam pengelolaan sistem keuangan global. Mereka termasuk Bank Dunia, maka IMF, yang International Finance Corporation, dan anggota lain dari Kelompok Bank Dunia.

Bank Pembangunan Daerah

Bank pembangunan daerah regional terdiri dari beberapa lembaga yang punya fungsi serupa dengan Bank Dunia kelompok kegiatan, tapi dengan fokus khusus pada wilayah tertentu. Pemegang saham biasanya terdiri dari negara-negara regional ditambah negara-negara donor utama.Yang paling terkenal dari bank-bank daerah ini meliputi daerah-daerah yang kurang lebih sesuai dengan Perserikatan Bangsa-Bangsa pengelompokan daerah, termasuk Inter-American Development Bank (yang bekerja di Amerika, tapi terutama bagi pembangunan di Amerika Latin dan Karibia); di Asian Development Bank; pada Bank Pembangunan Afrika, dan Bank Eropa untuk Rekonstruksi dan Pembangunan.

Bank Pembangunan Bilateral

Bank pembangunan bilateral lembaga keuangan yang dibentuk oleh individu contries untuk membiayai proyek-proyek pembangunan di negara berkembang dan emerging market. Contoh meliputi Pembangunan Belanda FMO Finance Company dan Bank Pembangunan Jerman DEG.

Lain-lain lembaga keuangan daerah

Beberapa pengelompokan regional negara telah menetapkan lembaga-lembaga keuangan internasional untuk membiayai berbagai proyek-proyek atau kegiatan di bidang kepentingan bersama. Terbesar dan paling penting di antaranya adalah Bank Investasi Eropa, sebuah lembaga yang didirikan oleh anggota Uni Eropa. Contoh lain termasuk Bank Pembangunan Laut Hitam, di International Investment Bank (didirikan oleh negara-negara bekas Uni Soviet dan Eropa Timur), pada Islamic Development Bank dan Bank Investasi Nordic.
BENTUK-BENTUK DARI LEMBAGA KEUANGAN INTERNASIONAL:
  1. 1. Bank Dunia
Bank Dunia adalah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sebuah lembaga keuangan internasional yang memberikan pinjaman leverage ke negara-negara berkembang untuk program modal.Bank Dunia memiliki tujuan untuk mengurangi kemiskinan. Bank Dunia berbeda dari Kelompok Bank Dunia, di Bank Dunia hanya terdiri dari dua lembaga: Bank Internasional untuk Rekonstruksi dan Pembangunan (IBRD) dan International Development Association (IDA), sedangkan yang kedua mencakup kedua selain tiga :International Finance Corporation (IFC), Multilateral Investment Guarantee Agency (MIGA), dan Pusat Internasional untuk Penyelesaian Perselisihan Investasi (ICSID).

Tujuan Pembangunan Milenium

Bank Dunia saat ini fokusnya adalah pada pencapaian Millenium Development Goals (MDGs), pinjaman terutama untuk “negara berpendapatan menengah” pada suku bunga yang mencerminkan mark-kecil sendiri di atas (AAA-rated) pinjaman dari pasar modal; sementara IDA rendah atau tidak memberikan bunga pinjaman dan hibah untuk negara-negara berpenghasilan rendah dengan sedikit atau tanpa akses ke pasar kredit internasional. IBRD adalah berbasis pasar organisasi nirlaba, menggunakan rating kredit yang tinggi untuk menebus yang relatif rendah tingkat bunga pada pinjaman, sedangkan IDA didanai terutama oleh periodik “replenishments” (hibah) memutuskan untuk lembaga dengan yang lebih makmur negara-negara anggota. Bank misi untuk membantu negara-negara berkembang dan penduduknya untuk mencapai pembangunan dan pengurangan kemiskinan, termasuk pencapaian MDGs, dengan membantu negara-negara mengembangkan sebuah lingkungan untuk investasi, pekerjaan dan pertumbuhan berkelanjutan, sehingga mendorong pertumbuhan ekonomi melalui investasi dan pemberdayaan masyarakat miskin untuk berbagi buah dari pertumbuhan ekonomi.

Faktor Kunci

Bank Dunia melihat lima faktor kunci yang diperlukan untuk pertumbuhan ekonomi dan penciptaan lingkungan bisnis yang memungkinkan sebagai:
  1. Membangun kapasitas: Memperkuat pemerintah dan pejabat pemerintah mendidik.
  2. Infrastruktur penciptaan: pelaksanaan hukum dan sistem peradilan untuk dorongan bisnis, perlindungan dan hak milik individu dan menghormati kontrak.
  3. Pengembangan Sistem Keuangan: pembentukan sistem yang kuat mampu mendukung upaya dari kredit mikro untuk pembiayaan usaha perusahaan yang lebih besar.
  4. Memerangi korupsi: Dukungan untuk negara-negara ‘upaya pemberantasan korupsi.
  5. Penelitian, Konsultasi dan Pelatihan: Bank Dunia menyediakan platform untuk penelitian tentang isu-isu pembangunan, konsultasi dan melaksanakan program-program pelatihan (berbasis web, on line, tele-/video conferencing dan ruang kelas berbasis) terbuka untuk mereka yang tertarik dari akademisi, mahasiswa, pemerintah dan organisasi non-pemerintah (LSM) perwira dll
Bank mendapatkan dana untuk operasinya terutama melalui’s penjualan IBRD AAA-rated obligasi di pasar keuangan dunia. IBRD pendapatan yang dihasilkan dari kegiatan pinjaman, dengan memanfaatkan pinjaman sendiri modal disetor, ditambah investasi dari “float”. The IDA memperoleh mayoritas dana dari empat puluh negara-negara donor yang menggantikan dana bank setiap tiga tahun, dan dari pengembalian pinjaman, yang kemudian menjadi tersedia untuk kembali pinjaman.

Aktif Areas

Bank Dunia aktif dalam bidang-bidang berikut:
  • Pertanian dan Pembangunan Pedesaan
  • Konflik dan Pengembangan
  • Operasi dan Kegiatan Pembangunan
  • Kebijakan Ekonomi
  • Pendidikan
  • Energi
  • Lingkungan
  • Sektor Keuangan
  • Jender
  • Governance
  • Kesehatan, Nutrisi dan Populasi
  • Industri
  • Teknologi Informasi dan Komunikasi
  • Informasi, Komputasi dan Telekomunikasi
  • Ekonomi dan Perdagangan Internasional
  • Tenaga Kerja dan Perlindungan Sosial
  • Hukum dan Keadilan
  • Ekonomi Makro dan Pertumbuhan Ekonomi
  • Pertambangan
  • Penanggulangan Kemiskinan
  • Kemiskinan
  • Sector Swasta
  • Sektor Publik Governance
  • Rural Development
  • Pembangunan Sosial
  • Perlindungan Sosial
  • Perdagangan
  • Transportasi
  • Pembangunan Perkotaan
  • Pengairan
  • Air Minum dan Sanitasi
Kritik untuk Bank Dunia :
Dunia telah lama dikritik oleh organisasi-organisasi non-pemerintah, seperti kelompok hak-hak adat Survival International, dan akademisi, termasuk mantan Kepala Ekonom Joseph Stiglitz yang sama-sama kritis terhadap Dana Moneter Internasional, AS Departemen Keuangan, AS dan lain-lain negosiator perdagangan negara-negara maju.  Para kritikus berpendapat bahwa apa yang disebut pasar bebas kebijakan reformasi yang Bank pendukung sering membahayakan pembangunan ekonomi jika dilaksanakan dengan buruk, terlalu cepat ( “shock therapy”), dalam urutan yang salah atau lemah, ekonomi kompetitif.
Dalam Masters of Illusion: Bank Dunia dan Kemiskinan Bangsa-Bangsa (1996), Catherine Caufield berpendapat bahwa asumsi dan struktur Bank Dunia merugikan negara-negara selatan. Caufield dikritik resep yang diformulasikan dari “pembangunan”. Bank Dunia, berbagai bangsa dan daerah yang tidak bisa dibedakan dan siap untuk menerima “obat seragam pembangunan”. Dia berpendapat bahwa untuk mencapai keberhasilan bahkan sederhana, praktik Barat yang diadopsi dan struktur ekonomi tradisional dan nilai-nilai ditinggalkan Asumsi kedua adalah bahwa negara-negara miskin tidak dapat memodernisasi tanpa uang dan nasihat dari luar negeri.
Sejumlah intelektual di negara-negara berkembang berpendapat bahwa Bank Dunia secara mendalam terlibat dalam cara-cara kontemporer donor dan LSM imperialisme, dan bahwa fungsi kontribusi intelektual untuk menyalahkan orang miskin untuk kondisi mereka.
Salah satu kritik yang paling kuat dari Bank Dunia telah menjadi cara yang diatur. Sementara Bank Dunia mewakili 186 negara, dijalankan oleh sejumlah kecil negara-negara kuat secara ekonomis. Negara-negara ini memilih kepemimpinan dan manajemen senior Bank Dunia, dan kepentingan mereka mendominasi bank.
Bank Dunia memiliki peran ganda yang kontradiktif: bahwa sebuah organisasi politik dan organisasi yang praktis. Sebagai organisasi politik, Bank Dunia harus memenuhi tuntutan dari donor dan pinjaman pemerintah, pasar modal swasta, dan organisasi internasional lainnya. Sebagai organisasi yang berorientasi aksi, itu harus netral, yang mengkhususkan diri dalam bantuan pembangunan, bantuan teknis, dan pinjaman. Bank Dunia kewajiban negara-negara donor dan pasar modal swasta telah menyebabkan untuk mengadopsi kebijakan yang menentukan bahwa kemiskinan yang terbaik adalah diatasi dengan penerapan “pasar” kebijakan-kebijakan.
Tahun 1990-an, Bank Dunia dan IMF memalsukan Konsensus Washington, kebijakan yang termasuk deregulasi dan liberalisasi pasar, privatisasi dan downscaling pemerintah. Meskipun Konsensus Washington dikandung sebagai kebijakan yang terbaik akan mendorong pembangunan, itu dikritik karena mengabaikan keadilan, pekerjaan dan bagaimana reformasi seperti privatisasi dilaksanakan. Banyak sekarang setuju [rujukan?] Bahwa Konsensus Washington menempatkan terlalu banyak tekanan pada pertumbuhan GDP, dan tidak cukup pada pertumbuhan atau permanen pada pertumbuhan apakah memberikan kontribusi terhadap standar kehidupan yang lebih baik.
Beberapa analisis menunjukkan bahwa Bank Dunia telah meningkatkan kemiskinan dan telah merugikan lingkungan, kesehatan masyarakat dan keragaman budaya. Beberapa kritik juga menyatakan bahwa Bank Dunia telah secara konsisten menekan neoliberal agenda, memaksakan kebijakan di negara-negara berkembang yang telah merusak , destruktif dan anti-pembangunan.
Hal ini juga telah diusulkan bahwa Bank Dunia adalah sebuah alat untuk mempromosikan kepentingan-kepentingan AS atau Barat di wilayah tertentu di dunia. Bahkan negara-negara Amerika Selatan telah membentuk Bank Selatan untuk mengurangi pengaruh AS di kawasan.  Kritik bank, bahwa Presiden selalu merupakan warga negara Amerika Serikat, ditunjuk oleh Presiden Amerika Serikat ( meskipun tunduk pada “persetujuan” dari negara-negara anggota lainnya). Ada tuduhan bahwa struktur pengambilan keputusan yang tidak demokratis seperti AS mempunyai hak veto pada beberapa keputusan konstitusional dengan hanya lebih dari 16% saham di bank; Keputusan hanya dapat disahkan dengan suara dari negara-negara yang sahamnya total lebih dari 85% dari saham bank. Sebuah kritik lebih lanjut mengenai manajemen internal dan cara di mana Bank Dunia dikatakan kurangnya akuntabilitas.
Kritik Bank Dunia sering mengambil bentuk protes seperti yang terlihat dalam beberapa peristiwa-peristiwa seperti Bank Dunia Oslo 2002 Protes,yang Oktober Pemberontakan, dan Pertempuran Seattle. seperti demonstrasi telah terjadi di seluruh dunia, bahkan di antara Brasil Kayapo orang. Pada tahun 2008, sebuah laporan Bank Dunia yang menemukan bahwa biofuel telah mendorong harga pangan naik 75% itu tidak diterbitkan Pejabat mengaku bahwa mereka percaya itu ditekan untuk menghindari memalukan saat itu Presiden Amerika Serikat, George W. Bush.
  1. 1. IMF
Dana Moneter Internasional (IMF) adalah sebuah organisasi internasional yang mengawasi sistem keuangan global dengan mengikuti kebijakan makroekonomi dari negara-negara anggota, terutama mereka yang memiliki dampak terhadap nilai tukar dan neraca pembayaran.. Ini adalah suatu organisasi yang dibentuk dengan tujuan yang dinyatakan menstabilkan nilai tukar internasional dan memfasilitasi pembangunan ini juga menawarkan sangat leveraged pinjaman, terutama kepada negara-negara miskin.

Organisasi dan tujuan

Dana Moneter Internasional telah dibuat pada bulan Juli 1944, awalnya dengan 45 anggota, dengan tujuan untuk menstabilkan nilai tukar dan membantu pembangunan kembali di dunia sistem pembayaran internasional. Negara menyumbang ke kolam renang yang bisa dipinjam dari, pada dasar sementara, oleh negara-negara dengan ketidakseimbangan pembayaran (Condon, 2007). IMF penting ketika pertama kali diciptakan karena dunia membantu menstabilkan sistem ekonomi IMF tetap penting karena bekerja untuk meningkatkan perekonomian negara-negara anggotanya.
IMF menggambarkan dirinya sebagai “sebuah organisasi dari 186 negara (per 29 Juni 2009), bekerja untuk membina kerjasama moneter global, aman stabilitas keuangan, memfasilitasi perdagangan internasional, mempromosikan kerja tinggi dan pertumbuhan ekonomi yang berkelanjutan, dan mengurangi kemiskinan “. Dengan pengecualian Taiwan (dikeluarkan tahun 1980), Korea Utara, Kuba (kiri pada tahun 1964), Andorra, Monako, Liechtenstein, Tuvalu dan Nauru, semua negara anggota PBB berpartisipasi langsung dalam IMF. Negara anggota diwakili pada 24-anggota Dewan Eksekutif (lima Eksekutif Direksi diangkat oleh lima anggota dengan kuota terbesar, sembilan belas Direktur Eksekutif dipilih oleh anggota yang tersisa), dan semua anggota menunjuk seorang Gubernur kepada IMF Dewan Gubernur.

Kritik

Dua kritik dari ekonom telah bantuan keuangan yang selalu terikat pada apa yang disebut “prasyarat”, termasuk Structural Adjustment Program (SAP). Hal ini menyatakan bahwa prasyarat (target kinerja ekonomi yang didirikan sebagai prakondisi untuk pinjaman IMF) menghambat stabilitas sosial dan karenanya menghambat tujuan yang dinyatakan IMF, sementara Structural Adjustment Program mengarah pada peningkatan kemiskinan di negara-negara penerima.
Salah satu kondisi SAP utama ditempatkan pada negara-negara bermasalah adalah bahwa pemerintah menjual sebanyak aset nasional mereka karena mereka dapat, biasanya untuk perusahaan barat di harga diskon besar-besaran.
Yang mengatakan, IMF kadang-kadang pendukung “program penghematan,” meningkatkan pajak bahkan ketika ekonomi lemah, dalam rangka untuk menghasilkan pendapatan pemerintah dan keseimbangan defisit anggaran. Negara sering dianjurkan untuk menurunkan tingkat pajak perusahaan. Kebijakan ini dikritik oleh Joseph E. Stiglitz, mantan kepala ekonom dan Senior Vice President di Bank Dunia, dalam bukunya Globalization and Its Discontents. Dia berargumen bahwa dengan mengubah ke arah yang lebih monetaris pendekatan, dana tidak lagi memiliki tujuan yang valid, seperti yang dirancang untuk menyediakan dana bagi negara-negara untuk melaksanakan Keynesian reflations, dan bahwa IMF “tidak berpartisipasi dalam konspirasi, tapi itu mencerminkan kepentingan dan ideologi komunitas keuangan Barat”.
Argentina, yang telah dianggap oleh IMF untuk menjadi negara model dalam kebijakan kepatuhan proposal oleh lembaga-lembaga Bretton Woods, mengalami bencana krisis ekonomi pada tahun 2001, beberapa orang percaya telah disebabkan oleh IMF-induced pembatasan anggaran – yang melemahkan kemampuan pemerintah untuk mempertahankan infrastruktur nasional bahkan di daerah-daerah penting seperti kesehatan, pendidikan, dan keamanan – dan privatisasi yang strategis dan sumber daya nasional yang vital. Lain-lain atribut krisis ke Argentina’s misdesigned fiskal federalisme, yang menyebabkan pengeluaran pemerintah daerah untuk meningkatkan cepat. Krisis ditambahkan ke kebencian luas lembaga ini di Argentina dan negara-negara Amerika Selatan lainnya, dengan banyak menyalahkan IMF untuk wilayah masalah ekonomi saat ini – sebagai awal 2006 – kecenderungan menuju sayap kiri moderat pemerintah di kawasan dan berkembangnya kekhawatiran dengan perkembangan kebijakan ekonomi regional sebagian besar independen dari tekanan bisnis besar telah dianggap berasal dari krisis ini.
Contoh lain di mana IMF Structural Adjustment Program memperburuk masalah ini di Kenya. Sebelum IMF terlibat dalam negara, bank sentral Kenya mengawasi semua pergerakan mata uang dalam dan luar negeriIMF mengamanatkan bahwa bank sentral Kenya harus memungkinkan pergerakan mata uang lebih mudah. Namun, penyesuaian mengakibatkan sangat sedikit investasi asing, tetapi diperbolehkan Kamlesh Manusuklal Damji Pattni, dengan bantuan dari pejabat pemerintah yang korup, untuk mengalirkan miliaran shilling Kenya dalam apa yang kemudian dikenal sebagai skandal Goldenberg, meninggalkan negeri ini lebih buruk daripada itu adalah sebelum reformasi IMF dilaksanakan.Dalam sebuah wawancara, mantan Perdana Menteri Rumania Tăriceanu menyatakan bahwa “Sejak tahun 2005, IMF terus-menerus membuat kesalahan ketika menghargai kinerja ekonomi negara”.
Pada bulan September 2007 IMF mengatakan “diberi Irlandia fundamental perekonomian yang kuat dan pihak berwenang ‘komitmen terhadap kebijakan yang sehat, Direksi pertumbuhan ekonomi diharapkan untuk tetap kuat dalam jangka menengah”.  Tujuh belas bulan kemudian pada bulan April 2009 di New York Times mengutip pemenang hadiah Nobel ekonom, Paul Krugman, yang diidentifikasi Irlandia sebagai model untuk skenario terburuk bagi ekonomi global.
Secara keseluruhan catatan keberhasilan IMF dianggap terbatas.Sementara itu diciptakan untuk membantu menstabilkan perekonomian global, sejak tahun 1980 para kritikus mengklaim lebih dari 100 negara (atau konon sebagian besar keanggotaan Dana) telah mengalami keruntuhan perbankan bahwa mereka mengklaim telah PDB dikurangi dengan empat persen atau lebih, jauh lebih banyak daripada setiap saat Depresi Pasca sejarah. penundaan yang cukup besar di IMF menanggapi krisis apapun, dan fakta bahwa ia cenderung hanya merespon kepada mereka (atau bahkan menciptakan mereka) alih-alih mencegah mereka, telah menyebabkan banyak ekonom untuk berdebat untuk reformasi. Pada tahun 2006, agenda reformasi IMF yang disebut Strategi Jangka Menengah secara luas didukung oleh lembaga negara-negara anggota. Agenda IMF termasuk perubahan dalam pemerintahan untuk meningkatkan peran negara-negara berkembang dalam institusi-proses pengambilan keputusan dan langkah-langkah untuk memperdalam efektivitas mandat inti, yang dikenal sebagai pengawasan ekonomi atau membantu negara-negara anggota mengadopsi kebijakan makroekonomi yang akan mendukung pertumbuhan global dan mengurangi kemiskinan Pada tanggal 15 Juni 2007, Dewan Eksekutif IMF diadopsi 2007 Keputusan bilateral Surveillance, tengara ukuran yang diganti 30 tahun keputusan dari negara-negara anggota Dana tentang bagaimana IMF harus menganalisis hasil ekonomi di tingkat negara.
  1. 2. ADB
Bank Pembangunan Asia (ADB) adalah bank pembangunan daerah yang didirikan pada tahun 1966 untuk mempromosikan pembangunan ekonomi dan sosial di negara-negara Asia dan Pasifik melalui pinjaman dan bantuan teknis. Ini adalah pembangunan multilateral lembaga keuangan yang dimiliki oleh 67 anggota (seperti dari 2 Februari 2007) , 48 dari daerah dan 19 dari bagian lain dunia. Visi ADB merupakan wilayah yang bebas dari kemiskinan. Misinya adalah untuk membantu negara-negara anggota berkembang mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kualitas kehidupan warganya.
Kerja dari Bank Pembangunan Asia (ADB) adalah bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat di Asia dan Pasifik, terutama 1,9 milyar yang hidup dengan kurang dari $ 2 per hari. Meskipun banyak kisah sukses, Asia dan Pasifik tetap rumah untuk dua pertiga dari kaum miskin di dunia.
Bank dikandung dengan visi untuk menciptakan lembaga keuangan yang akan “di Asia karakter” untuk mendorong pertumbuhan dan kerja sama di daerah yang saat itu adalah salah satu termiskin di dunia. ADB menggalang dana melalui penerbitan obligasi di pasar modal dunia, sementara juga memanfaatkan anggotanya kontribusi dan pendapatan dari pinjamanSumber-sumber ini menjelaskan hampir tiga perempat dari operasi pinjaman.
Meskipun pertumbuhan ekonomi baru-baru ini di banyak negara-negara anggota telah menyebabkan perubahan dalam penekanan pada tingkat tertentu, sepanjang sejarahnya sebagian besar bank telah beroperasi berdasarkan proyek, khususnya di bidang investasi infrastruktur, pengembangan pertanian dan pinjaman kepada industri-industri dasar di member negara. Meskipun menurut definisi adalah bank pemberi pinjaman kepada pemerintah dan lembaga pemerintah, juga memberikan bantuan langsung kepada perusahaan swasta dan juga berpartisipasi sebagai penambah likuiditas dan enabler praktek terbaik di sektor swasta negara-negara anggota regional.
Utama modal manusia aset dari bank adalah staf profesional, meliputi bidang akademik dan / atau praktis ahli di bidang pertanian, teknik sipil, ekonomi, lingkungan, kesehatan, kebijakan publik dan keuangan. Staf profesional diambil dari negara-negara anggota dan diberikan berbagai insentif untuk pindah ke Manila. Bisa dibayangkan bahwa sekali seluruh Asia-Pasifik mencapai tingkat tertentu standar hidup bank akan luka bawah atau ulang untuk beroperasi sebagai perusahaan komersial.

Organisasi

Tertinggi badan pembuat kebijakan dari bank adalah Dewan Gubernur terdiri dari satu wakil dari masing-masing negara anggota. Dewan Gubernur, pada gilirannya, memilih di antara mereka sendiri ke-12 anggota Dewan Direksi dan wakil mereka.Delapan dari 12 anggota yang berasal dari daerah (Asia-Pasifik) anggota sementara yang lain berasal dari daerah non-anggota.
Dewan Gubernur juga memilih bank Presiden yang adalah ketua Dewan Direksi dan mengelola ADB. The president has a term of office lasting five years, and may be reelected. Presiden memiliki masa jabatan yang berlangsung lima tahun, dan dapat dipilih kembali. Secara tradisional, dan karena Jepang merupakan salah satu pemegang saham terbesar bank, Presiden selalu jepang. Presiden saat ini adalah Haruhiko Kuroda.
Markas besar bank di 6 ADB Avenue, Mandaluyong City, Metro Manila, Filipina, dan memiliki kantor perwakilan di seluruh dunia. Bank mempekerjakan sekitar 2.400 orang, berasal dari 55 dari 67 negara anggota, dan dengan lebih dari separuh dari staf yang Filipina.

Pinjaman ADB

Proyek tahunan ADB jumlah pinjaman sekitar US $ 7 miliar per tahun dengan pinjaman khas per proyek berada di kisaran $ 100 juta.

Tokoh proyek ADB dan Bantuan Teknis

  • Afghan Diaspora Proyek
  • Pendanaan Utah State University memimpin proyek untuk membawa keahlian tenaga kerja di Thailand
  • Gempa dan Tsunami Emergency Support Project di Indonesia
  • Greater Mekong Program subregional
  • ROC Ping Hu Offshore Oil and Gas Development
  • Strategis Sektor Swasta untuk Penanggulangan Kemiskinan di Perkotaan di Filipina
  • Trans-Afganistan Pipeline Gas Penilaian Kelayakan
  • Pinjaman dari $ 1,2 milyar untuk jaminan keluar dari krisis ekonomi yang akan datang di Pakistan dan akan dana untuk kebutuhan energi negara-negara berkembang, khususnya Hydro-proyek pembangkit listrik
  • Dukungan keuangan mikro bagi perusahaan-perusahaan swasta, dalam hubungannya dengan pemerintah, termasuk Pakistan dan India.

Efektifitas

Mengingat pinjaman tahunan ADB volume, laba atas investasi dalam belajar pelajaran untuk operasional dan dampak perkembangan cenderung tinggi dan memaksimalkan itu adalah keprihatinan yang sah. Semua proyek yang didanai oleh ADB dievaluasi untuk mencari tahu apa hasil yang dicapai, perbaikan apa yang harus dipertimbangkan, dan apa yang sedang dipelajari.
Evaluasi diri dilakukan oleh unit yang bertanggung jawab untuk merancang dan menerapkan strategi negara, program, proyek, atau kegiatan bantuan teknis. Ini terdiri dari beberapa instrumen, termasuk proyek / laporan kinerja program, laporan review paruh waktu, bantuan teknis atau proyek / program penyelesaian laporan, dan negara portofolio tinjauan. Semua proyek diri dievaluasi oleh unit-unit yang relevan dalam sebuah laporan penyelesaian proyek. Penyelesaian proyek ADB laporan publik diungkapkan di situs internet ADB. Klien pemerintah juga diminta untuk mempersiapkan mereka sendiri laporan penyelesaian proyek.
Evaluasi independen merupakan blok dasar pembelajaran organisasi: sangatlah penting untuk mentransfer jumlah peningkatan yang relevan dan berkualitas tinggi pengetahuan dari pengalaman ke tangan para pembuat kebijakan, perancang, dan pelaksana. ADB Departemen Evaluasi Operasi (OED) melakukan penilaian sistematis dan tidak memihak kebijakan, strategi, program-program negara, dan proyek-proyek, termasuk rancangan, pelaksanaan, hasil, dan proses bisnis yang terkait untuk menentukan relevansi, efektivitas, efisiensi, dan kesinambungan resep berikut metode dan pedoman. Dengan proses evaluasi ini, ADB menunjukkan tiga unsur dari pemerintahan yang baik: (i) akuntabilitas, dengan menilai efektivitas operasi ADB, (ii) transparansi, oleh independen meninjau operasi dan pelaporan kepada publik temuan dan rekomendasi, dan (iii) peningkatan kinerja, dengan membantu klien ADB dan belajar dari pengalaman masa lalu untuk meningkatkan operasi yang sedang berlangsung dan masa depan.
Pada awalnya, fokusnya adalah pada setelah selesai menilai sejauh mana proyek telah mencapai diharapkan manfaat ekonomi dan sosial. Sekarang bentuk evaluasi operasi pengambilan keputusan sepanjang siklus proyek dan dalam ADB sebagai keseluruhan.Sejak berdirinya kemerdekaannya pada tahun 2004, laporan OED ADB langsung kepada Direksi melalui Dewan Komite Efektivitas Pembangunan. Behavioral otonomi, menghindari konflik kepentingan, isolasi dari pengaruh eksternal, dan organisasi kemerdekaan telah membuat evaluasi-alat khusus diatur oleh prinsip-prinsip kegunaan, kredibilitas, transparansi, dan kemandirian-bagi akuntabilitas yang lebih besar dan membuat bantuan pembangunan bekerja lebih baik. Independen Evaluasi pada Bank Pembangunan Asia menyajikan perspektif evaluasi di ADB dari awal dan terlihat kepada suatu masa depan di mana manajemen pengetahuan memainkan peran yang semakin.
Dalam beberapa tahun terakhir, telah terjadi pergeseran besar dalam sifat kerja OED program dari dominasi evaluasi proyek-proyek individual untuk satu berfokus pada lebih luas dan lebih strategis studi.Untuk memilih prioritas topik untuk evaluasi studi, OED mencari masukan dari Komite Keefektifan Pembangunan, Manajemen ADB, dan kepala-kepala departemen dan kantor ADB. Tekanan saat ini adalah untuk: (i) meningkatkan kualitas evaluasi dengan menggunakan metodologi yang lebih kuat, (iii) memberikan prioritas pada negara / program bantuan sektor evaluasi; (iv) meningkatkan jumlah evaluasi bersama; (v) memvalidasi evaluasi diri untuk memperpendek siklus belajar; (vi) melakukan evaluasi dampak yang lebih teliti; (vii) mengembangkan kapasitas evaluasi, baik dalam ADB dan DMC; (viii) mendorong kinerja portofolio, (ix) mengevaluasi proses bisnis, dan (x) menyebarluaskan temuan dan rekomendasi dan memastikan penggunaannya. OED’s program kerja juga telah ditafsirkan ulang untuk menekankan proses belajar organisasi yang lebih jelas hasil arsitektur dan hasil kerangka kerja. Ini mencakup (i) melakukan evaluasi dan sosialisasi strategis (dalam konsultasi dengan pemangku kepentingan), (ii) indikator kinerja menyelaraskan dan evaluasi metodologi, dan (iii) membangun kapasitas dalam evaluasi dan berpikir evaluatif. Semua evaluasi studi OED publik diungkapkan pada situs web (beberapa evaluasi terhadap operasi sektor swasta disunting untuk melindungi informasi rahasia komersial). sumber daya evaluasi OED ditampilkan oleh tipe sumber daya, topik, daerah dan negara, dan tanggal.  Pemelajaran juga berkumpul dalam sebuah Sistem Informasi Evaluasi online yang menawarkan sebuah database dari pelajaran, rekomendasi, dan ADB tanggapan Manajemen tersebut.  Rincian evaluasi berkelanjutan dan update kemajuan mereka dibuat terlalu umum.
Mulai 2006, bertindak dalam kerangka kerja manajemen pengetahuan ADB, OED telah menerapkan pengetahuan manajemen untuk pelajaran pembelajaran, menggunakan metrik kinerja pengetahuan.  Belajar Pelajaran dalam ADB menetapkan kerangka kerja strategis untuk pengelolaan pengetahuan dalam operasi evaluasi. Perbaikan telah membuat yang menjanjikan tidak hanya di OED tetapi yang lebih penting, vis-à-vis dengan antarmuka dengan departemen lain dan kantor di ADB, negara-negara anggota berkembang, dan evaluasi internasional masyarakat. Dalam jangka menengah, OED akan terus meningkatkan budaya organisasi, sistem manajemen, proses bisnis, solusi teknologi informasi, komunitas praktik, dan hubungan eksternal dan jaringan untuk pelajaran pembelajaran. Di antara produk-produk pengetahuan baru dan jasa berkembang, Belajar Curves sangat berguna, dua-paged referensi cepat yang dirancang untuk memberi makan temuan dan rekomendasi dari evaluasi yang lebih luas untuk klien  Evaluasi News melaporkan peristiwa dalam pemantauan dan evaluasi.Evaluasi menawarkan Presentasi Powerpoint pendek atau menampilkan foto pada topik evaluasi. Auditing dalam Arsitektur Pelajaran menyoroti kontribusi pengetahuan audit yang dapat membuat organisasi untuk belajar dan kesehatan organisasi.
Dari 1.106 proyek yang didanai ADB dievaluasi dan diberi nilai sejauh (per Desember 2007), 65% dinilai sebagai orang yang sukses, 27% sebagian berhasil dan 8% sebagai berhasil.

Kritik

Pembangunan Asia ketidakpekaan terhadap masyarakat lokal. “Operasi di tingkat global dan internasional, bank-bank tersebut dapat merusak hak-hak asasi manusia rakyat melalui proyek-proyek yang telah merugikan hasil bagi masyarakat miskin dan terpinggirkan.”  Bank juga menerima kritik dari Program Lingkungan PBB, menyatakan dalam sebuah laporan bahwa ” banyak pertumbuhan telah melewati lebih dari 70 persen dari penduduk pedesaan, banyak di antaranya yang langsung tergantung pada sumber daya alam untuk mata pencaharian dan pendapatan.
Bank juga telah dikritik oleh Perang Vietnam veteran untuk pendanaan proyek-proyek di Laos, karena Amerika Serikat “15% saham di bank, ditanggung oleh pajak.Laos menjadi komunis negara setelah Amerika menarik diri dari Vietnam dan Laos Perang Saudara dimenangkan oleh Pathet Lao, yang dipahami secara luas telah didukung oleh Angkatan Darat Vietnam Utara.
Pada tahun 2009, bank yang mendukung 2,9 miliar dolar strategi pendanaan proyek-proyek yang diusulkan di India. Proyek-proyek dalam strategi ini hanya indikatif dan masih perlu lebih lanjut bank yang disetujui oleh Dewan Direksi, namun jurubicara Kementerian Luar Negeri RRC Qin Gang mengatakan, “Bank Pembangunan Asia, terlepas dari keprihatinan utama dari Cina, India Negara menyetujui strategi kemitraan yang melibatkan sengketa wilayah antara Cina dan India. cina mengungkapkan ketidakpuasan kuat selama ini … bank bergerak tidak hanya serius tarnishes namanya sendiri, tetapi juga merongrong kepentingan para anggotanya.
  1. 3. IDB
Bank Pembangunan Islam adalah lembaga keuangan internasional yang didirikan tahun mengikut Intent Pernyataan yang dikeluarkan oleh Menteri Keuangan Konferensi Negara-negara Muslim yang diselenggarakan di Jeddah pada Q’adah Dzul 1393H, sesuai dengan Desember 1973. The Inaugural Rapat Dewan Gubernur terjadi di Rajab 1395H, yang berkaitan Juli 1975, dan Bank secara resmi dibuka pada tanggal 15 Syawal 1395H yang sesuai sampai 20 Oktober 1975.

Tujuan

Tujuan dari Bank adalah untuk mendorong pembangunan ekonomi dan kemajuan sosial negara-negara anggota dan masyarakat muslim baik secara perorangan maupun bersama-sama sesuai dengan prinsip-prinsip syariah yaitu, Hukum Islam.

Functions Fungsi

Fungsi Bank untuk berpartisipasi dalam modal dan memberikan pinjaman untuk produktif proyek-proyek dan perusahaan selain memberikan bantuan keuangan kepada negara-negara anggota dalam bentuk lain untuk pembangunan ekonomi dan sosial. Bank ini juga diperlukan untuk mendirikan dan mengoperasikan dana khusus untuk tujuan tertentu, termasuk dana bantuan untuk masyarakat Muslim di negara-negara non-anggota, di samping mendirikan dana perwalian. Bank berwenang untuk menerima deposito dan untuk memobilisasi sumber daya keuangan syariah yang kompatibel melalui model.Hal ini juga dituntut dengan tanggung jawab membantu dalam promosi perdagangan luar negeri terutama dalam barang-barang modal, di antara negara anggota; memberikan bantuan teknis kepada negara-negara anggota, dan memperluas fasilitas pelatihan untuk personil yang terlibat dalam kegiatan pembangunan di negara-negara Muslim untuk menyesuaikan diri dengan Shari ‘ ah.

Keanggotaan

Kondisi dasar untuk keanggotaan adalah bahwa negara calon anggota harus menjadi anggota Organisasi Konferensi Islam, membayar kontribusi ke ibukota dari Bank dan bersedia menerima syarat-syarat dan kondisi sebagaimana dapat diputuskan oleh Dewan IDB Gubernur.

Capital Modal

Sampai dengan akhir 1412H (Juni 1992), modal yang berwenang dari Bank dua miliar dinar Islam (ID) (A unit rekening IDB yang setara dengan satu Special Drawing Right (SDR) dari Dana Moneter Internasional (IMF )). Sejak Muharram 1413H (Juli 1992), sesuai dengan Resolusi Dewan Gubernur, menjadi enam miliar dinar Islam, yang terbagi dalam 600.000 saham memiliki nilai nominal 10.000 dinar Islam (ID) masing-masing. Dengan modal berlangganan juga menjadi empat miliar dinar Islam dibayarkan sesuai dengan jadwal tertentu dan dalam mata uang konversi secara bebas dapat diterima oleh Bank. Pada 1422H, dewan gubernur pada pertemuan tahunan yang diselenggarakan di Aljazair memutuskan untuk meningkatkan modal dari Bank formulir ID 6 miliar untuk ID 15 miliar dan modal langganan dari ID 4,1 miliar untuk ID 8,1 miliar. Menurut Petunjuk dari Extra-Biasa Ketiga Sidang KTT OKI Konferensi Islam di Makkah Al-Mukarramah on 7 – 8 Desember 2005, menyerukan peningkatan yang substansial dalam modal saham IDB dalam rangka untuk memungkinkan itu untuk memperkuat peran dalam memberikan bantuan keuangan dan bantuan teknis untuk negara-negara anggotanya, Dewan Gubernur IDB dalam 31 Pertemuan Tahunan di Kuwait memutuskan untuk meningkatkan modal saham IDB oleh 15 miliar dinar Islam untuk menjadi 30 miliar dinar Islam dan modal langganan oleh 6,9 milyar dinar Islam untuk menjadi 15 miliar dinar Islam.

Kantor Pusat dan Kantor Regional

Empat kantor regional dibuka di Rabat, Maroko (1994), Kuala Lumpur, Malaysia (1994). Almaty, Kazakhstan (1997), and Dakar, Senegal (2008). Almaty, Kazakhstan (1997), dan Dakar, Senegal (2008). Bank juga memiliki perwakilan lapangan di dua belas negara anggota. Ini adalah: Afghanistan, Azerbaijan, Bangladesh, Guinea Conakry, Indonesia, Iran, Nigeria, Pakistan, Sierra Leone, Sudan, Uzbekistan dan Yaman.

Keuangan Tahun

Bank tahun keuangan adalah lunar Tahun Hijrah.

Bahasa

Bahasa resmi Bank Arab, tetapi bahasa Inggris dan Perancis adalah tambahan digunakan sebagai bahasa kerja.





BAB III
KESIMPULAN
Dari pembahasan yang sudah dijelaskan dari bab pendahuluan sampai dengan isinya dapat diambil kesimpulan bahwa lembaga keuangan internasional yang ada berfungsi untuk membantu masalah – masalah keuangan yang terjadi pada beberapa Negara. Meskipun lembaga keuangan internasional ada beberapa macam jenis, akan tetapi jika dilihat dari tujuan dan fungsinya tiap-tiap lembaga keuangan tersebut berbeda satu sama lain.
Lembaga keuangan internasional terdiri dari IMF, World Bank, IDB dan ADB. Keempat lembaga keuangan ini memiliki tugas dan tujuan membantu masalah finansial tiap-tiap Negara didunia. Akan tetapi, masing-masing keempat lembaga ini berbeda cara dalam menangani financial tiap-tiap Negara. Contohnya IMF membantu menstabilkan masalah financial Negara dengan cara memberikan pinjaman kepada Negara-negara yang miskin.
DAFTAR PUSTAKA
1.http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/International_financial_institutions
2.http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/Asian_Development_Bank
3.http://translate.google.co.id/translate?hl=id&langpair=en|id&u=http://en.wikipedia.org/wiki/International_Monetary_Fund
4.http://translate.googleusercontent.com/translate_c?hl=id&langpair=en|id&u=http://www.isdb.org/irj/portal/anonymous%3FNavigationTarget%3Dnavurl://24de0d5f10da906da85e96ac356b7af0&rurl=translate.google.co.id&usg=ALkJrhi0oDnD_Vj4YuaXIuPnEQeU5xO79g

Bookmark and Share

35 komentar:

  1. Kami adalah sekelompok individu yang memberikan pinjaman serius dan cepat
    tingkat tahunan sebesar 2% bunga sesuai dengan jumlah yang Anda
    ingin * Keuangan
    * Real Estat Pinjaman * Kredit Investasi Pinjaman * Auto * Utang
    Margin Pinjaman * Konsolidasi * Kedua Mortgage * Pembelian Kembali kredit
    * Personal Loan *, Anda dapat mengirimkan permintaan Anda untuk pinjaman ke
    email: judithfranklinloanfirm@gmail.com

    Terima Kasih

    BalasHapus
  2. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  3. Syukur kepada Allah yang maha kuasa untuk memberi saya kesempatan ini untuk berbagi kesaksian saya, saya Mrs. Indriaty Manirjo, yang Anda cari pinjaman? Saya ingin membawa ini ke semua pemberitahuan pinjaman untuk berhati-hati, karena begitu banyak perusahaan pinjaman palsu di internet. Saya telah menjadi korban dari sebuah perusahaan pinjaman palsu 4, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan pinjaman palsu yang saya kemudian mengetahui mereka adalah scam. Pada proses yang saya ditangkap oleh orang-orang yang saya berhutang kepada karena saya tidak bisa bertemu untuk kali saya berjanji untuk membayar dan saya ditangkap. Aku baru saja keluar dari penjara, ketika saya bertemu dengan seorang teman yang intoroduce saya untuk pemberi pinjaman kredit karena dia meyakinkan saya bahwa dia mendapat yang pinjaman dari dia yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY, jadi saya tidak punya pilihan untuk memberikan cobaan karena saya harus bertemu dengan standar hidup dan membayar utang saya dan memulai bisnis baru. Jadi saya mendapat pinjaman saya dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY tanpa stres, itulah alasan saya memutuskan untuk membagikan kesaksian saya kepada orang-orang yang membutuhkan pinjaman, sehingga mereka tidak akan jatuh di tangan pemberi pinjaman kredit palsu. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. magretspencerloancompany@gmail.com,.
    Anda masih bisa menghubungi saya melalui email saya untuk informasi lebih lanjut tentang indriatymanirjo010@gmail.com. Tuhan membantu Anda dan sangat berhati-hati.

    BalasHapus
  4. KABAR BAIK!!!

    Ramadhan adalah di sini sudah tidak Anda berpikir itu adalah waktu untuk mendapatkan berkah dari Allah bisa Koneksi hari ini dan Anda yakin akan bahagia dengan kasih karunia Allah.

    Nama saya Mia. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah scammed oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  5. Halo, Saya rebacca morris, Pemberi Pinjaman Pinjaman Swasta Yang meminjamkan kesempatan Waktu Hidup. Apakah Andari Perlu Pinjaman mendesak untuk review melunasi Utang Andari, ATAU Andari Membutuhkan Pinjaman untuk review meningkatkan Bisnis Andari? Andari has ditolak Oleh Bank Dan Lembaga Keuangan lainnya? Apakah Andari Membutuhkan Pinjaman card center ATAU hipotek? menemukan LEBIH KARENA kitd berada here for MEMBUAT SEMUA masalah Keuangan Andari Sesuatu Dari Masa Lalu. Pinjaman untuk review individu Yang Membutuhkan Bantuan Keuangan, Yang memiliki kredit buruk ATAU Membutuhkan Uang untuk review membayar Tagihan, untuk review berinvestasi hearts Bisnis PADA Tingkat 2%. Saya Ingin Media using Penyanyi untuk review memberitahu Andari bahwa Kami memberikan Bantuan Yang handal Dan PENERIMA Dan akan bersedia untuk review offers Pinjaman. Jadi hubungi kami hari Penyanyi via email di: rebaccamorrisloanfirm@gmail.com
    Catatan: Kami TIDAK mengenakan mencakup biaya Bagi pelanggan Kami

    BalasHapus
  6. Halo, aku Joy Wilson, pemberi pinjaman kredit swasta, yang Anda dalam utang? Anda membutuhkan dorongan keuangan? Saya sah terdaftar dan disetujui untuk mengontrol lembaga keuangan. Aku memberikan pinjaman untuk lokal dan internasional untuk semua orang yang membutuhkan pinjaman, dan dapat membayar kembali pinjaman, pada tingkat 2%. Aku memberikan pinjaman melalui transfer rekening atau cek bank juga mendukung. Tidak memerlukan banyak dokumen. Jika Anda ingin mendapatkan pinjaman dari perusahaan pinjaman reputasi kami.
    Anda dapat menghubungi kami melalui Email: joywilsonloanfirm@gmail.com

    BalasHapus
  7. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  8. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  9. Aku Widya Okta, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman dapat diandalkan yang SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya Rp900,000,000 dari SANDRAOVIALOANFIRM sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui SANDRAOVIALOANFIRM dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak SANDRAOVIALOANFIRM. menghubungi mereka melalui email:. (Sandraovialoanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (widyaokta750@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  10. Saya Widaya Tarmuji, saya menggunakan waktu ini untuk memperingatkan semua rekan saya INDONESIANS. yang telah terjadi di sekitar mencari pinjaman, Anda hanya harus berhati-hati. satu-satunya tempat dan perusahaan yang dapat menawarkan pinjaman Anda adalah TRACY MORGAN LOAN FIRM. Saya mendapat pinjaman saya dari mereka. Mereka adalah satu-satunya pemberi pinjaman yang sah di internet. Lainnya semua pembohong, saya menghabiskan hampir 32 juta di tangan pemberi pinjaman palsu.

    Tapi Tracy Morgan memberi saya mimpi saya kembali. Ini adalah alamat email yang sebenarnya mereka: tracymorganloanfirm@gmail.com. Email pribadi saya sendiri: widayatarmuji@gmail.com. Anda dapat berbicara dengan saya kapan saja Anda inginkan. Terima kasih semua untuk mendengarkan permintaan untuk saran saya. hati-hati

    BalasHapus
  11. Halo,
    Apakah Anda secara finansial turun? mendapatkan pinjaman sekarang dan bisnis Anda menghidupkan kembali, Kami adalah pemberi pinjaman dapat diandalkan dan kami memulai program pinjaman ini untuk memberantas kemiskinan dan menciptakan kesempatan bagi yang kurang istimewa untuk memungkinkan mereka membangun sendiri dan menghidupkan kembali bisnis mereka. Untuk informasi lebih lanjut, Anda dapat menghubungi kami melalui email: (gloryloanfirm@gmail.com). mengisi formulir Informasi Debitur berikut:

    Nama lengkap: _______________
    Negara: __________________
    Sex: ______________________
    Umur: ______________________
    Jumlah Pinjaman Dibutuhkan: _______
    Durasi Pinjaman: ____________
    Tujuan pinjaman: _____________
    Nomor ponsel: ________

    Email: gloryloanfirm@gmail.com ... silahkan mengajukan permohonan perusahaan yang sah.

    BalasHapus
  12. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris. Saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena ada penipuan di mana-mana. Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial, dan putus asa, saya telah penipuan oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 Juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dengan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan untuk dikirim langsung ke rekening saya tanpa penundaan. Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah dia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda mematuhi perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan kehilangan Sety saya diperkenalkan dan diberitahu tentang Ibu Cynthia Dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua yang akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya yang saya kirim langsung ke rekening bulanan.

    BalasHapus
  13. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus

  14. Tuan Nyonya
    Terutama di seluruh dunia, Anda perlu pinjaman uang antar individu untuk mengatasi kesulitan keuangan akhirnya memecahkan kebuntuan diprovokasi oleh bank, oleh penolakan file aplikasi pinjaman Anda. Kami adalah jaringan ahli keuangan swasta mampu membuat pinjaman untuk jumlah yang Anda butuhkan dan dengan kondisi yang membuat hidup Anda lebih mudah. Kami dapat membantu Anda dalam bidang berikut:
    Keuangan *
    * Home Loan
    * Investasi Pinjaman
    * Auto Pinjaman
    * Konsolidasi hutang
    * Line of Credit
    * Kedua Mortgage
    * Akuisisi kreditan
    Anda terjebak, Bank dilarang dan Anda tidak mendapatkan manfaat dari bank atau Anda lebih baik memiliki sebuah proyek dan membutuhkan pembiayaan, kredit buruk atau membutuhkan uang untuk membayar tagihan, uang untuk berinvestasi pada bisnis. Sementara kami siap melayani anda untuk aplikasi pinjaman pribadi Anda dari € 500 sampai € 10 juta untuk masing-masing tertentu dapat membayar tingkat bunga 1,5%. Kami berada dalam posisi untuk memenuhi peminjam kami dalam waktu 12 jam sejak diterimanya permohonan mereka.
    Silahkan hubungi kami untuk lebih jelasnya;
    dangotegrouploandepartment@gmail.com
    dangotegrouploan.wordpress.com

    BalasHapus
  15. Halo, nama saya Sulis Susanti dari Indonesia, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih yang asli di perusahaan pinjaman palsu.
    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, aku jatuh korban penipuan oleh beberapa perusahaan pinjaman online, karena saya perlu sebuah perusahaan pinjaman yang jujur.

    Aku hampir menyerah, tidak sampai saya mencari nasihat dari seorang teman yang kemudian mengarahkan saya untuk pemberi pinjaman pinjaman yang sangat handal JOY WILSON LOAN FIRM, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari 750 juta rupiah dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres pada tingkat bunga rendah dari 2%. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah pinjaman yang saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman dengan mudah tanpa stres.

    Saya ingin Anda yakin dan percaya diri bahwa ini adalah asli karena saya memiliki semua bukti pengolahan pinjaman ini termasuk kartu id, dokumen perjanjian pinjaman dan semua kertas kerja. Saya percaya Ibu Joy Wilson sepenuh hati karena dia telah benar-benar membantu dalam hidup saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan hubungi perusahaan melalui email: (joywilsonloanfirm@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (sulissusanti971@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman

    BalasHapus
  16. Aku indriaty manirjo, saya ingin bersaksi pekerjaan yang baik dari Allah dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari untuk pinjaman di Asia dan bagian lain dari kata, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka orang yang mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman penipuan di sini di internet, tetapi mereka masih asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban dari suatu 6-kredit pemberi pinjaman penipuan, saya kehilangan begitu banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka. Aku hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari utang saya sendiri, sebelum aku rilis dari penjara dan teman yang saya saya menjelaskan situasi saya kemudian memperkenalkan saya ke perusahaan pinjaman reliabl yang MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. Saya mendapat pinjaman saya Rp850,000,000 dari MAGRETSPENCERLOANCOMPANY sangat mudah dalam 24 jam yang saya diterapkan, Jadi saya memutuskan untuk berbagi pekerjaan yang baik dari Allah melalui MAGRETSPENCERLOANCOMPANY dalam kehidupan keluarga saya. Saya meminta nasihat Anda jika Anda membutuhkan pinjaman Anda lebih baik kontak MAGRETSPENCERLOANCOMPANY. menghubungi mereka melalui email:. (magretspencerloancompany@gmail.com)
    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (indriatymanirjo010@gmail.com) jika Anda merasa sulit atau ingin prosedur untuk memperoleh pinjaman.

    BalasHapus
  17. Assalamu'alaikum, saya ingin merekomendasikan sebuah organisasi pinjaman islam asli saya menemukan online untuk semua saudara-saudara muslim yang sedang mencari pinjaman cepat dan cepat untuk memecahkan masalah yang mendesak. Mereka adalah Islam serikat kredit internasional adalah lembaga pemberi pinjaman internasional mereka yang asli. Saya mendapat pinjaman dari mereka bulan yang lalu. Saya tahu bahwa ada pinjaman dari pinjaman penipu online. Tapi saya diarahkan kepada mereka oleh kakak saya yang juga mendapat pinjaman dari mereka. Sebelum saya menghubungi mereka untuk pinjaman, saya juga melakukan banyak penelitian tentang mereka dan menemukan bahwa mereka actaully asli. Jadi saya mengajukan pinjaman tanpa jaminan dengan mereka. Mereka memberikan pinjaman sesuai dengan hukum Islam. Suku bunga bebas. Tidak ada pembayaran dimuka atau biaya lainnya. Tapi Anda harus bisa memberikan jaminan kepada mereka bahwa Anda akan membayar kembali pinjaman. Itu semua yang mereka butuhkan dari Anda. mereka pinjaman ini adalah 100% gratis. Saya ingin menyarankan semua muslim sejati untuk menghubungi mereka. email mereka (islamicloanempowerment@gmail.com)

    Wassalamu'alaikum wr wb.

    BalasHapus
  18. Saya adalah Widya Okta dari SURABAYA, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara.
    Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  19. Halo,
    Nama saya Amber, saya di sini untuk merekomendasikan Anda kepada pemberi pinjaman yang sah yang memberi saya pinjaman $ 15.000, namanya adalah jerry jones dari investasi finansial jerry jones, saya ingin mendesak Anda semua yang membutuhkan bantuan keuangan untuk menghubungi dia dengan baik melalui email untuk aplikasi pinjaman anda: jerryjonesfinancialinvestments@gmail.com

    BalasHapus
  20. Aku adalah Mrs. Nur Amalina, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka adalah banyak scammers dan pemberi pinjaman pinjaman palsu di internet. Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana Tuhan menolong saya dengan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman asli, setelah itu saya telah dibodohi oleh banyak pemberi pinjaman di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan menggunakan teman saya yang kemudian menyebut saya sebagai pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Ibu Amal meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 750 juta rupiah (Rp750 juta) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan dan hanya dengan tingkat bunga 2% saja.

    Saya sangat terkejut saat memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan jumlah yang saya ajukan Karena saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jika Anda memerlukan pinjaman, silakan hubungi dia melalui email: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) dan dengan rahmat Tuhan dia tidak akan mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman

    Anda juga bisa menghubungi saya di email saya: (nuramalinasofiyani05@gmail.com) Akan melakukan yang terbaik untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya. Itu

    BalasHapus
  21. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Dian Pelangi dari Jakarta di Indonesia, saya adalah perancang busana dan saya ingin menggunakan media ini untuk memberi tahu setiap orang untuk berhati-hati dalam mendapatkan pinjaman di internet, begitu banyak kreditur pinjaman di sini adalah penipu dan mereka ada di sini. curang Anda dengan susah payah uang Anda, saya mengajukan pinjaman sekitar Rp900,000,000 wanita di Malaysia dan saya kehilangan sekitar 29 juta tanpa mengambil pinjaman, saya membayar hampir 29 juta masih saya tidak mendapatkan pinjaman dan bisnis saya adalah Tentang menabrak karena hutang.

    Sebagai pencarian saya untuk perusahaan pinjaman pribadi yang andal, saya melihat iklan online lainnya dan nama perusahaannya adalah WORLD LOANS COMPANY. Saya kehilangan jumlah 15 juta dengan mereka dan sampai hari ini, saya tidak pernah menerima pinjaman yang saya usulkan.

    Tuhan jadilah kemuliaan, teman-teman saya yang mengajukan pinjaman juga menerima pinjaman semacam itu, mengenalkan saya kepada perusahaan yang dapat dipercaya dimana Ibu Christabel bekerja sebagai manajer cabang, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp900.000.000 dan mereka meminta surat kepercayaan saya, Dan setelah mereka selesai memverifikasi detail saya, pinjaman tersebut disetujui untuk saya dan saya pikir itu adalah sebuah lelucon, dan mungkin inilah salah satu tindakan curang yang membuat saya kehilangan uang, tapi saya tercengang. Ketika saya mendapat pinjaman saya dalam waktu kurang dari 6 jam dengan suku bunga rendah 2% tanpa agunan.

    Saya sangat senang karena ALLAH menggunakan teman saya yang menghubungi mereka dan mengenalkan saya kepada mereka dan karena saya diselamatkan dari membuat bisnis saya melonjak ke udara dan dilikuidasi dan sekarang bisnis saya terbang tinggi dalam bahasa Indonesia dan tidak ada yang akan mengatakannya Dia tidak tahu tentang perusahaan mode saya

    Jadi saya saran setiap orang yang tinggal di Indonesia dan negara lain yang membutuhkan pinjaman untuk satu tujuan atau yang lain untuk silahkan kontak
    Ibu Christabel melalui email: (christabelloancompany@gmail.com)

    Anda masih bisa menghubungi saya jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut melalui email: (lianmeylady@gmail.com)

    Sekali lagi terima kasih untuk membaca kesaksian saya, dan semoga Tuhan terus memberkati kita dan memberi kita hidup yang panjang dan sejahtera dan semoga Tuhan melakukan pekerjaan baik yang sama dalam hidup Anda.

    BalasHapus
  22. Halo, saya Sofia, tinggal di New jersey city, USA. Saya seorang janda dengan tiga anak dan saya terjebak dalam situasi keuangan pada bulan Oktober 2017 dan saya perlu membiayai kembali dan membayar tagihan saya. Saya mencoba mencari pinjaman dari berbagai perusahaan pinjaman namun tidak pernah sukses, saya diperkenalkan dengan Man of God yang memberi saya pinjaman sebesar $ 85.000USD tanpa agunan, tidak ada pemeriksaan kredit, tidak ada penandatangan bersama dengan suku bunga hanya 2% dan rencana pelunasan yang lebih baik dan jadwal, silahkan hubungi Mr James Harry. Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tapi saya sangat bahagia sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lebih banyak tentang dia, Anda dapat menghubungi dia melalui emailnya: Financialchoice@yahoo.com Tuhan memberkati hari-hari Anda di bumi ..

    BalasHapus
  23. Assalamualaikum
    Nama saya Aditya Aulia saya mengalami trauma keuangan karena saya ditipu dan ditipu oleh banyak perusahaan pinjaman online dan saya pikir tidak ada yang baik bisa keluar dari transaksi online tapi semua keraguan saya segera dibawa untuk beristirahat saat teman saya mengenalkan saya. untuk Ibu Iskandar pada awalnya saya pikir itu masih akan menjadi permainan bore yang sama saya harus memaksa diri untuk mengikuti semua proses karena mereka sampai pada kejutan terbesar saya setelah memenuhi semua persyaratan karena permintaan oleh proses saya bisa mendapatkan pinjaman sebesar 350jt di rekening Bank Central Asia (BCA) saya saat saya waspada di telepon saya, saya tidak pernah mempercayainya, agaknya saya bergegas ke Bank untuk memastikan bahwa memang benar ibu kontak sekarang mengalami terobosan pemanasan jantung dalam kehidupan finansial Anda melalui apakah itu BBM INVITE-nya: {D8980E0B} atau apakah kamu ingin mengkonfirmasi dari saya? Anda bisa menghubungi saya melalui surat saya: {aditya.aulia139@gmail.com} dan juga Anda bisa menghubungi perusahaan ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM via: {mail: iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com}facebook (www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    Website: (iskandarlestari.wordpress.com)

    BalasHapus
  24. "Alhamdulillah"

      Saya, Okta Mira adalah blogger terkenal yang memiliki gairah untuk blogging dan juga untuk terus berinvestasi dalam bisnis online karena jumlah uang yang sangat besar yang terlibat di dalamnya pada saat saya merasa sangat nyaman dengan pendapatan konstan yang saya dapatkan setiap minggu tapi pada waktu saya mengalami kekurangan karena beberapa transaksi tertentu jadi saya merasa bangkrut sehingga saya memutuskan untuk mencari pinjaman karena saya sangat yakin bahwa seiring berjalannya waktu saya akan kembali lagi ke standar keuangan saya sebelumnya, jadi saya melewati berbagai kreditur Iklan yang saya lihat di blog saya tapi yang terlintas dalam pikiran saya adalah ISKANDAR LESTARI LOAN FIRM walaupun saya takut sebenarnya karena berita yang saya dengar dari orang-orang tentang pemberi pinjaman online tapi saya harus mengambil keputusan sendiri tanpa mendengarkan orang lain jadi saya menghubungi ibu melalui email: (iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) maka saya dibawa melalui proses yang sah dan saya harus mengumpulkan keberanian untuk menyelesaikan prosesnya dan akhirnya pencairan pinjaman saya disetujui dalam waktu kurang. Itu tiga hari kerja dan pinjaman saya dicairkan dengan sukses
      Saya tidak bisa menyembunyikan kegembiraan yang harus saya hubungi sebagian besar teman saya yang adalah debitur dan juga yang mengalami kesulitan keuangan untuk menjadi ibu yang kontroversial dan semua mereka lakukan sekarang, saya senang memberi tahu Anda semua bahwa mereka semua merayakan seperti saya jadi jika Anda Mau kontak langsung dengan Ibu Iskandar silahkan hubungi dia melalui alamat lengkap di bawah ini
    Email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    Website:(iskandarlestari.wordpress.com)
    Whatsapp:{+33753893351}
    Facebook::(www.facebook.com/iskandar.lesteri.7)
    BBM INVITES:{D8980E0B}{4424A)
        Ibu Iskandar selalu online 24 jam sehari dan tentu saja 7 hari seminggu jadi tolong jangan takut dia dan anggota staf sangat ramah, jujur, jujur ​​dan berkomitmen untuk mengurangi layanan mereka kepada pelanggan mereka jika Anda ingin menghubungi saya untuk pertanyaan apapun mengenai pinjaman silahkan hubungi saya melalui email: (oktamira2030@gmail.com)

    BalasHapus
  25. Saya Widya Okta, saya ingin memberi kesaksian tentang karya bagus Tuhan dalam hidup saya kepada orang-orang saya yang mencari pinjaman di Asia dan sebagian lain dari kata tersebut, karena ekonomi yang buruk di beberapa negara. Apakah mereka mencari pinjaman di antara kamu? Maka Anda harus sangat berhati-hati karena banyak perusahaan pinjaman yang curang di sini di internet, tapi mereka tetap asli sekali di perusahaan pinjaman palsu. Saya telah menjadi korban penipuan pemberi pinjaman 6-kredit, saya kehilangan banyak uang karena saya mencari pinjaman dari perusahaan mereka.

    Saya hampir mati dalam proses karena saya ditangkap oleh orang-orang dari hutang saya sendiri, sebelum saya dibebaskan dari penjara dan teman saya yang saya jelaskan situasi saya, kemudian mengenalkan saya ke perusahaan pinjaman yang andal yaitu SANDRAOVIALOANFIRM. Saya mendapat pinjaman saya sebesar Rp900.000.000 dari SANDRAOVIALOANFIRM dengan tarif rendah 2% dalam 24 jam yang saya gunakan tanpa tekanan atau tekanan. Jika Anda membutuhkan pinjaman Anda dapat menghubungi dia melalui email: (sandraovialoanfirm@gmail.com)

    Jika Anda memerlukan bantuan dalam melakukan proses pinjaman, Anda juga bisa menghubungi saya melalui email: (widyaokta750@gmail.com) dan beberapa orang lain yang juga mendapatkan pinjaman mereka Mrs. Jelli Mira, email: (jellimira750@gmail.com). Yang saya lakukan adalah memastikan saya tidak pernah terpenuhi dalam pembayaran cicilan bulanan sesuai kesepakatan dengan perusahaan pinjaman.

    Jadi saya memutuskan untuk membagikan karya bagus Tuhan melalui SANDRAOVIALOANFIRM, karena dia mengubah hidup saya dan keluarga saya. Itulah alasan Tuhan Yang Mahakuasa akan selalu memberkatinya.

    BalasHapus
  26. Halo,
    Ini untuk memberi tahu masyarakat bahwa Nyonya Charity White, pemberi pinjaman swasta memiliki kesempatan finansial untuk semua orang yang membutuhkan bantuan keuangan, membayar tagihan, untuk berinvestasi dalam bisnis baru atau untuk meningkatkan bisnis Anda. Kami memberikan pinjaman dengan bunga sebesar 2% kepada perusahaan dan perorangan. Ini tidak memerlukan banyak dokumen, juga syarat dan ketentuan yang jelas dan peka. Hubungi kami via e-mail: (charitywhitefinancialfirm@gmail.com) Kami akan memberikan layanan terbaik kami.

    BalasHapus
  27. Saya sangat bersyukur kepada Ibu Iskandar Lestari karena telah memberi saya pinjaman sebesar Rp700.000.000,00 saya telah berhutang selama bertahun-tahun sehingga saya mencari pinjaman dengan sejarah kredit nol dan saya telah ke banyak rumah keuangan untuk meminta bantuan namun semua menolak saya karena rasio hutang saya yang tinggi dan sejarah kredit rendah yang saya cari di internet dan tidak pernah menyerah saya membaca dan belajar tentang CREDIT UNION DAYA LESTARI di salah satu blog saya menghubungi CREDIT UNION DAYA LESTARI konsultan kredit via email:(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com) dengan keyakinan bahwa pinjaman saya diberikan pada awal tahun 2017 dan harapan datang lagi, kemudian saya menyadari bahwa tidak semua perusahaan pinjaman di blog benar-benar palsu karena semua hautang finansial saya telah diselesaikan, sekarang saya memiliki nilai yang sangat besar dan usaha bisnis yang patut ditiru, saya tidak dapat mempertahankan ini untuk diri saya jadi saya harus memulai dengan membagikan kesaksian perubahan hidup ini yang dapat Anda hubungi Ibu Iskandar via email:::(iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com)
    dia BBM INVITE:{D8980E0B}
    Calls Only ::{+12542276869}
    WhatsApp Only::{+33753893351}

    BalasHapus
  28. KABAR BAIK!!!

    Nama saya Aris Mia, saya ingin menggunakan media ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman sangat berhati-hati, karena ada penipuan di mana-mana, mereka akan mengirim dokumen perjanjian palsu untuk Anda dan mereka akan mengatakan tidak ada pembayaran dimuka, tetapi mereka adalah orang-orang iseng, karena mereka kemudian akan meminta untuk pembayaran biaya lisensi dan biaya transfer, sehingga hati-hati dari mereka penipuan Perusahaan Pinjaman.

    Beberapa bulan yang lalu saya tegang finansial dan putus asa, saya telah tertipu oleh beberapa pemberi pinjaman online. Saya hampir kehilangan harapan sampai Tuhan digunakan teman saya yang merujuk saya ke pemberi pinjaman sangat handal disebut Ibu Cynthia, yang meminjamkan pinjaman tanpa jaminan dari Rp800,000,000 (800 juta) dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau stres dan tingkat bunga hanya 2%.

    Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa jumlah yang saya diterapkan, telah dikirim langsung ke rekening bank saya tanpa penundaan.

    Karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik, sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman apapun, silahkan menghubungi dia melalui email nyata: cynthiajohnsonloancompany@gmail.com dan oleh kasih karunia Allah ia tidak akan pernah mengecewakan Anda dalam mendapatkan pinjaman jika Anda menuruti perintahnya.

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: ladymia383@gmail.com dan Sety yang memperkenalkan dan bercerita tentang Ibu Cynthia, dia juga mendapat pinjaman baru dari Ibu Cynthia, Anda juga dapat menghubungi dia melalui email-nya: arissetymin@gmail.com sekarang, semua akan saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman saya bahwa saya kirim langsung ke rekening mereka bulanan.

    Sebuah kata yang cukup untuk bijaksana.

    BalasHapus
  29. Halo semuanya, saya Rika Nadia, saat ini tinggal di Indonesia dan saya warga negara, saya tinggal di JL. Baru II Gg. Jaman Keb. Lama Utara RT.004 RW.002 No. 26. Saya ingin menggunakan media ini untuk memberikan saran konkrit kepada semua warga negara Indonesia yang mencari pinjaman online untuk berhati-hati karena internet penuh dengan penipuan, terkadang saya benar-benar membutuhkan pinjaman , karena keuangan saya buruk. statusnya tidak begitu baik dan saya sangat ingin mendapatkan pinjaman, jadi saya jatuh ke tangan pemberi pinjaman palsu, dari Nigeria, Singapura, dan Ghana. Saya hampir mati, sampai seorang teman saya menelepon EWITA YUDA (ewitayuda1@gmail.com) memberi tahu saya tentang pemberi pinjaman yang sangat andal bernama Mrs ESTHER PATRICK. Manajer cabang Perusahaan pinjaman, Dia adalah pemberi pinjaman global; yang saya hubungi dan dia meminjamkan saya pinjaman sebesar Rp600.000.000 dalam waktu kurang dari 12 jam dengan bunga 2% dan itu mengubah kehidupan seluruh keluarga saya.

    Saya menerima pinjaman saya di rekening bank saya setelah Nyonya. LADY ESTHER telah mengalihkan pinjaman kepada saya, ketika saya memeriksa saldo rekening bank saya dan menemukan bahwa Rp600.000.000 yang saya lamar telah dikreditkan ke rekening bank saya. dan saya punya bukti dengan saya, karena saya masih terkejut, emailnya adalah (ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM)

    Jadi untuk pekerjaan yang baik LADY ESTHER telah melakukannya dalam kehidupan saya dan keluarga saya, saya memutuskan untuk menceritakan dan membagikan kesaksian saya tentang LADY ESTHER, sehingga orang-orang dari negara saya dan kota saya dapat memperoleh pinjaman dengan mudah tanpa stres. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) silakan hubungi LADY ESTHER Dia tidak tahu bahwa saya melakukan ini tetapi saya sangat senang sekarang dan saya memutuskan untuk memberi tahu orang lain tentangnya, Dia menawarkan semua jenis pinjaman kepada individu dan perusahaan dan juga saya ingin Tuhan memberkati dia lebih banyak,

    Anda juga dapat menghubungi saya di email saya: (rikanadia6@gmail.com). Sekarang, saya adalah pemilik bangga seorang wanita bisnis yang baik dan besar di kota saya, Semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus memberkati LADY ESTHER untuk pekerjaan baiknya dalam kehidupan dan keluarga saya.
    Tolong lakukan dengan baik untuk menanyakan detail lebih lanjut tentang Ibu dan saya akan menginstruksikan, dan ada bukti pinjaman, hubungi LADY ESTHER melalui email: (estherpatrick83@gmail.com) Terima kasih semua

    BalasHapus
  30. Halo, semuanya, tolong, saya cepat ingin menggunakan media ini untuk mengkomunikasikan kepada Anda semua tentang kesaksian tentang bagaimana Tuhan mengarahkan saya kepada pemberi pinjaman kredit nyata yang mengubah hidup saya dari rumput menjadi anugerah, dari kemiskinan menjadi orang kaya, yang sekarang hidup sehat dan kaya tanpa stres dan kesulitan keuangan. Setelah berbulan-bulan mencoba untuk mendapatkan pinjaman di internet dan ditipu dengan jumlah $ 3.470 USD, saya menjadi sangat putus asa untuk mendapatkan pinjaman dari pemberi pinjaman kredit online yang sah yang tidak akan menambah rasa sakit saya, jadi saya memutuskan untuk beralih ke akun baru saya. teman - baru-baru ini mendapatkan pinjaman online, kami membahas masalah ini dan kesimpulan kami menceritakan kisah seorang wanita bernama Mrs.Endah, yang merupakan CEO RAMADHAN ISLAMIYAT LOANS jadi saya meminta jumlah pinjaman ($ 60.000,00) dengan suku bunga rendah, jadi pinjaman yang mudah disetujui tanpa tekanan dan persiapan telah dibuat mengenai transfer kredit dan kurang dari empat (4) hari, pinjaman disetorkan ke Rekening bank saya, saya pikir itu adalah lelucon, sampai saya menerima panggilan dari bank saya yang akun saya miliki telah dikreditkan dengan $ 60,000.00 Saya sangat senang bahwa akhirnya Tuhan menjawab doa saya dengan memerintahkan saya pemberi pinjaman kredit nyata yang mampu memberikan keinginan hati Anda. Banyak terima kasih Mrs.Endah karena telah membuat hidup adil bagi saya jadi saya menyarankan siapa pun yang tertarik untuk mendapatkan pinjaman harus tolong cekact Ibu melalui e-mail (ramadhanislamiyatloans@gmail.com), yang adalah bagaimana saya bisa mendapatkan kredit sehingga saya dapat membayar tagihan saya. Jadi terima kasih, karena Anda meluangkan waktu untuk membaca tentang kesuksesan saya dan saya berdoa Tuhan juga akan melakukan kehendak-Nya dalam hidup Anda, saya bernama Abdul. Anda dapat menghubungi saya untuk lebih mengarahkan {oliverhwallace1@gmail.com}

    BalasHapus
  31. Saya Devina dari Jakarta di Indonesia, saya menghabiskan masa saya di sini kerana janji yang saya berikan kepada MEREKA MAH yang menjadi pemberi pinjaman dalam talian SYARIKAT PINJAMAN JANJI dan saya berdoa kepada ALLAH untuk dapat melihat kedudukan saya hari ini.

     Beberapa bulan yang lalu, saya melihat komen yang disiarkan oleh seorang wanita bernama Arnah dan bagaimana dia menipu untuk mendapatkan pinjaman dalam talian dari Christabel, menurutnya sebelum Tuhan mengarahkannya ke tangan Lady Promise dan Janji Puan memberi pinjaman 800,000,000 Rupiah tanpa tekanan. dan kelewatan, sila hubungi Christabel Missan melalui e-mel:
    christabelloancompany@gmail.com untuk mengelakkan menjadi mangsa penipuan.

     Saya memutuskan untuk menghubungi Arnah untuk memastikan ia benar dan untuk membimbing saya bagaimana untuk mendapatkan pinjaman dari Puan Dian Pelangi, dia memberitahu saya untuk menghubungi Puan Janji Saya menegaskan bahawa dia harus memberitahu saya proses dan kriteria yang dia katakan adalah sangat mudah bagaimana untuk memohon pinjaman dari Puan Janji yang saya perlu lakukan adalah menghubungi dia, mengisi permohonan permintaan, menghantar salinan kad pengenalan saya yang diimbas, kemudian mendaftar dengan syarikat itu selepas itu saya akan mendapatkan pinjaman saya.

    Kemudian saya bertanya kepadanya bagaimana anda mendapatkan pinjaman anda? Dia menjawab bahawa hanya apa yang dia lakukan, itu sangat mengejutkan.

     Saya menghubungi Puan Janji dan saya mengikuti arahan dengan teliti untuk saya. Saya memenuhi syarat mereka dan pinjaman saya telah diluluskan dengan jayanya tetapi sebelum pinjaman dipindahkan ke akaun saya, saya diminta berjanji untuk berkongsi berita gembira mengenai Janji Lady dan inilah sebab mengapa anda melihat post ini hari ini untuk kejutan terbesar saya menerima 700,000,000 Rupiah amaran.

    Jadi saya cadangkan semua orang yang mencari sumber yang boleh dipercayai untuk mendapatkan pinjaman untuk menghubungi Puan Janji melalui E-mel: promisesoledadloancompany@gmail.com untuk mendapatkan pinjaman bercagar Anda juga boleh menghubungi saya di E-mel saya: Reddevina@gmail.com

    Dan anda masih boleh menghubungi kawan baik saya Dian Pelangi yang memperkenalkan saya (lianmeylady@gmail.com). Ini adalah nombor WhatsApp ibu yang baik +12677251173

    Saya percaya giliran yang baik adalah bernilai yang lain.

    BalasHapus
  32. Saya telah berpikir bahwa semua perusahaan pinjaman online curang sampai saya bertemu dengan perusahaan pinjaman Suzan yang meminjamkan uang tanpa membayar lebih dulu.

    Nama saya Amisha, saya ingin menggunakan media ini untuk memperingatkan orang-orang yang mencari pinjaman internet di Asia dan di seluruh dunia untuk berhati-hati, karena mereka menipu dan meminjamkan pinjaman palsu di internet.

    Saya ingin membagikan kesaksian saya tentang bagaimana seorang teman membawa saya ke pemberi pinjaman asli, setelah itu saya scammed oleh beberapa kreditor di internet. Saya hampir kehilangan harapan sampai saya bertemu kreditur terpercaya ini bernama perusahaan Suzan investment. Perusahaan suzan meminjamkan pinjaman tanpa jaminan sebesar 600 juta rupiah (Rp600.000.000) dalam waktu kurang dari 48 jam tanpa tekanan.

    Saya sangat terkejut dan senang menerima pinjaman saya. Saya berjanji bahwa saya akan berbagi kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres. Jadi jika Anda memerlukan pinjaman, hubungi mereka melalui email: (Suzaninvestment@gmail.com) Anda tidak akan kecewa mendapatkan pinjaman jika memenuhi persyaratan.

    Anda juga bisa menghubungi saya: (Ammisha1213@gmail.com) jika Anda memerlukan bantuan atau informasi lebih lanjut

    BalasHapus
  33. Hai semuanya, Nama saya Angga Annisa dan saya berbicara sebagai orang yang paling bahagia di seluruh dunia hari ini sebelum sekarang saya secara finansial dipukul tanpa harapan akan bantuan apa pun, tetapi ceritanya akan segera berubah ketika saya bertemu dengan Ibu. Saya sangat senang untuk mengatakan keluarga saya kembali untuk selamanya karena saya membutuhkan pinjaman sebesar Rp.700juta untuk memulai hidup saya di sekitar karena profesi saya karena saya seorang ibu tunggal dengan 3 anak dan seluruh dunia tampak seperti itu tergantung pada saya sampai Tuhan mengirim saya kepada sebuah perusahaan yang mengubah hidup saya dan keluarga saya, perusahaan yang takut akan Tuhan, ISKANDAR LENDERS, mereka adalah Juruselamat Tuhan yang dikirim untuk menyelamatkan keluarga saya dan pada awalnya saya pikir itu tidak akan mungkin sampai saya mendapat pinjaman sebesar Rp.700 juta dan saya akan menyarankan siapa pun yang benar-benar membutuhkan pinjaman untuk menghubungi Bunda Iskandar melalui email. [iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com] karena ini adalah pemberi pinjaman yang paling memahami dan baik

    Contact Details:

    e_mail Address:iskandalestari.kreditpersatuan@gmail.com>>>>
    WhatsApp:::+6282274045059
    Company::Iskandar Lenders"""""
    Loan Amount:::Rp.700juta
    Name:::::Angga Annisa
    Country::::Indonesia
    Occupation:Trader
    Year:April,2020

    Jumlah minimum>>>>>>Rp.100 juta
    Jumlah maksimum>>>>>Rp.100 miliar

    BalasHapus
  34. Keajaiban tidak akan pernah berakhir, saya berdoa untuk allah untuk memberkati Nyonya Esther Patrick, saya kehilangan Ewita warga negara Indonesia, saya tinggal di JL.kutisari selatan geng ekonomi No. 13-G, Indonesia. Ibu saya mengatakan kepada saya bahwa dia akan melalui internet dan datang ke publikasi Nyonya Esther Patrick, mengatakan bahwa fasilitas kredit telah memberinya pinjaman kepada masyarakat umum dengan suku bunga sangat rendah 2% persen, Anda dapat menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com].

    Jadi, saya memberi tahu teman saya tentang pandangan meminjam dari Nyonya Esther Patrick, dan dia mengatakan dia tidak akan memberi tahu saya bahwa saya tidak meminjam dari Nyonya Esther Patrick, tetapi saya perlu meminjamkan sejumlah kecil untuk memeriksa apakah perusahaannya adalah perusahaan.

    Jadi, saya bertindak atas sarannya dan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui emailnya: [estherpatrick83@gmail.com] yang diposkan oleh ibu saya, dan saya mengajukan pinjaman sebesar Rp200.000.000. Nyonya Esther Patrick menanggapi saya dan mengirimi saya semua syarat dan ketentuan perusahaannya yang saya baca dan saya menyetujui persyaratannya.Setelah persetujuan permohonan pinjaman, saya menerima pemberitahuan dari bank saya bahwa jumlah Rp200.000.000 dikreditkan ke rekening bank saya dari perusahaan Nyonya Esther Patrick.

    Saya sangat senang dan berbagi kabar baik dengan ibu saya dan teman saya yang menyarankan saya untuk terus maju.Ia menyelesaikan pembayaran kembali pinjaman tersebut pada 07 Juli 2018, dan saya meminta sejumlah Rp550.000.000 yang juga saya terima di rekening bank saya setelah prosedur itu dilakukan.

    Jadi, saya ingin mengambil kesempatan ini untuk memberi tahu siapa saja yang mencari pemberi pinjaman pribadi di Internet yang pasti akan menghubungi Nyonya Esther Patrick melalui e-mail {ESTHERPATRICK83@GMAIL.COM}Anda dapat menghubungi saya jika Anda memerlukan bantuan atau Anda ingin bertanya tentang bagaimana saya mendapat pinjaman.Ini email saya: [ewitayuda1@gmail.com]Terima kasih, pengikut saya

    BalasHapus
  35. Halo semuanya, Nama saya Siska wibowo saya tinggal di Surabaya di Indonesia, saya seorang mahasiswa, saya ingin menggunakan kesempatan ini untuk mengingatkan semua pencari pinjaman untuk sangat berhati-hati karena ada banyak perusahaan pinjaman penipuan dan kejahatan di sini di internet , Sampai saya melihat posting Bapak Suryanto tentang Nyonya Esther Patrick dan saya menghubunginya melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Beberapa bulan yang lalu, saya putus asa untuk membantu biaya sekolah dan proyek saya tetapi tidak ada yang membantu dan ayah saya hanya dapat memperbaiki beberapa hal yang bahkan tidak cukup, jadi saya mencari pinjaman online tetapi scammed.

    Saya hampir tidak menyerah sampai saya mencari saran dari teman saya Pak Suryanto memanggil saya pemberi pinjaman yang sangat andal yang meminjamkan dengan pinjaman tanpa jaminan sebesar Rp200.000.000 dalam waktu kurang dari 24 jam tanpa tekanan atau tekanan dengan tingkat bunga rendah 2 %. Saya sangat terkejut ketika saya memeriksa rekening bank saya dan menemukan bahwa nomor saya diterapkan langsung ditransfer ke rekening bank saya tanpa penundaan atau kekecewaan, segera saya menghubungi ibu melalui (estherpatrick83@gmail.com)

    Dan juga saya diberi pilihan apakah saya ingin cek kertas dikirim kepada saya melalui jasa kurir, tetapi saya mengatakan kepada mereka untuk mentransfer uang ke rekening bank saya, karena saya berjanji bahwa saya akan membagikan kabar baik sehingga orang bisa mendapatkan pinjaman mudah tanpa stres atau penundaan.

    Yakin dan yakin bahwa ini asli karena saya memiliki semua bukti pemrosesan pinjaman ini termasuk kartu ID, dokumen perjanjian pinjaman, dan semua dokumen. Saya sangat mempercayai Madam ESTHER PATRICK dengan penghargaan dan kepercayaan perusahaan yang sepenuh hati karena dia benar-benar telah membantu hidup saya membayar proyek saya. Anda sangat beruntung memiliki kesempatan untuk membaca kesaksian ini hari ini. Jadi, jika Anda membutuhkan pinjaman, silakan hubungi Madam melalui email: (estherpatrick83@gmail.com)

    Anda juga dapat menghubungi saya melalui email saya di (siskawibowo71@gmail.com) jika Anda merasa kesulitan atau menginginkan prosedur untuk mendapatkan pinjaman

    Sekarang, yang saya lakukan adalah mencoba untuk memenuhi pembayaran pinjaman bulanan yang saya kirim langsung ke rekening bulanan Nyonya seperti yang diarahkan. Tuhan akan memberkati Nyonya ESTHER PATRICK untuk Segalanya. Saya bersyukur

    BalasHapus